Rieke Berharap Votting BBM dilakukan secara terbuka

“Sebetulnya DPR memegang kunci kenaikan BBM bisa terjadi atau tidak karena DPR memiliki hak menentukan besaran subsidi BBM,” ujar Rieke di Jakarta, Jumat 30 Maret 2012. ” Ada baiknya  pengambilan keputusan dilakukan melalui voting terbuka, “

Rieke juga mengapresiasi pernyataan sikap Partai Golkar dan PKS yang telah menyatakan menolak kenaikan harga BBM tersebutsekaligus berharap sikap yang sama ditunjukan dalam paripurna pada Jumat, 30 Maret 2012.

“Jika fraksi-fraksi serius menolak kenaikan BBM maka materi paripurna yang harus disepakati itu adalah tidak mencabut Pasal 7 ayat 6 UU 22/2011 yang menyatakan bahwa harga jual BBM bersubsidi tidak mengalami kenaikan,” ujarnya.

Selain itu, harus disepakati pula penolakan menambah pasal 7 ayat 6A yang memuat pernyataan “memberikan kewenangan kepada pemerintah untuk menentukan naik/turun harga BBM apabila ICP naik/turun 5 persen.”

Alasan menolak penambahan pasal tersebut adalah apabila kalimat tersebut disahkan DPR maka pemerintah akan langsung menaikan harga BBM karena saat ini harga pasar yang menjadi acuan pemerintah SBY memperlihatkan harga ICP sudah sekitar 120 dolar AS.

Pada saat yang sama, FPDIP menyetujui penambahan pada pasal 7 ayat 6, berupa besaran subsidi BBM pada angka Rp178 triliun, karena berimplikasi pada harga jual BBM ke masyarakat yang tetap pada harga Rp4500/liter atau artinya tidak ada kenaikan harga BBM.

Sementara terhadap usulan subsidi BBM pada angka Rp137 triliun, kata Rieke, harus ditolak karena akan berimplikasi pada harga jual BBM ke masyarakat yang naik sebesar Rp1500 menjadi Rp6000/liter  “Opsi ini sama artinya dengan harga BBM naik, sehingga harus ditolak,” ujarnya.

Sumber : Pitoong.com

About Muhammad Yusuf Dimas Al-Ma'ruf

I'm not Fashionable
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s