Tomcat dan cara penanggulangannya

Hello,, akhir-aakhir ini kamu pasti sering dengar tentang TOMCAT. Ya beberapa waktu terakhir banyak media massa cetak maupun elektronik yang ramai memberitakan tentang Tomcat. Menurut bahasa ilmiah, tomcat disebut Paederus littoralis atau biasa disebut Kumbang Rove (Rove Beetle).

Saat merasa terancam, tomcat akan menaikan bagian abdomennya untuk menakut nakuti musuh dan mengeluarkan bisa yang terdapat pada bagian itu. Bisa tomcat sendiri dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kulit seperti gatal-gatal, infeksi, kulit terbakar dan lain-lain. Tidak hanya pada kulit manusia, tomcat juga bisa mengeluarkan racunnya pada handung dan baju. Racun dari tomcat yang disebut cairan hemolimf atau toksin ini memiliki nama ilmiah ‘aederin‘ (C24H43O9N). Cara penanggulangan Tomcat dapat dilakukan dengan cara membersihkan lingkungan sekitar Anda, bila perlu lakukan penyemprotan racun serangga pada daerah yang diduga rawan akan tempat perkembangbiakan tomcat.

Segera bersihkan racun Tomcat pada benda-benda yang diduga terkena racun Tomcat. Apabila tomcat menempel pada bagian tubuh anda, jangan pukul/pencet tomcat seperti saat anda mematikan nyamuk. Akan tetapi tiup secara perlahan tomcat agar terbang pergi dari kulit anda, bila perlu semprot dengan racun serangga, yang terpenting jangan menyentuh tomcat secara langsung. Oke..🙂

Semoga post kali ini bermanfaat, terimakasih atas kunjungannya. Mohon berikan kritik dan saran di kolom komentar.🙂

About Muhammad Yusuf Dimas Al-Ma'ruf

I'm not Fashionable
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s